INFO GHAZI

Manfaat Menulis Yang Tidak Kita Sadari


Banyak diantara kita sudah terbiasa menulis (sebelum adanya gadget) apapun yang kita lakukan selalu ditulis sampai dengan nama, nomor telephone rumah serta alamat seseorang kita tulis dalam sebuah buku saku.

Assalamualaikum sahabat literasi,
Menulis, salah satu kegiatan yang menyenangkan yang dapat membuat kita relaksasi sejenak dari segala kebosanan rutinitas sehari-hari. Sebenarnya menulis tidak hanya dimaknai dengan kata-kata refresh (penyegaran.red) otak tetapi juga dapat dikatakan sebagai salah satu kegiatan untuk mengasah otak. Pesan dari orang tua dulu, semakin sering diasah maka pisau akan semakin tajam mungkin juga berlaku pada otak manusia. Menulis bukan sekedar untuk mencari kata-kata untuk dirangkai menjadi  satu cerita utuh. Tetapi menulis dapat memberika kepuasan batin bagi si penulis. Bagi penulis baik di web/blog, buku dan berbagai media yang digunakan ada satu hal yang lebih diutamakan, yaitu CONTENT (isi) karena bagaimanapun juga content is the king (konten adalah raja) Jika sudah demikian apa yang harus kita lakukan sebelum memulai sebuah tulisan ???

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, apa yang dibuat oleh manusia pasti ada celah/kelemahan yang memperburuk isi dari tulisan kita. Jika kita tidak bisa menulis sesuai dengan teknik menulis yang benar maka menulislah dengan bebas dan sebisa kita saja, jangan terlalu dipaksakan untuk tulisan kita diterima oleh orang lain. Belajar dan belajar merupakan kunci dari suksesnya pencapaian maksimal kita sebagai seorang manusia yang pada dasarnya adalah makhluk lemah. Sering dari kita hanya memikirkan hasil akhir dan bukannya melihat proses yang kita lalui. Inilah salah satu langkah yang menghambat kita untuk belajar (mengabaikan proses.)  Dibalik proses sebuah pembelajaran ada hal lain yang mampu memberikan kita stimulasi agar menjadi lebih baik dari sebelumnya, contohnya :
Ketika kita melakukan kegiatan menulis kita selalu terpancing dengan "judul apa yang cocok" atau mungkin "apa yang harus aku tulis."  Dua persoalan ini pernah mas IG bahas ditulisan sebelumnya (bisa dibaca disini.) Materi untuk content bisa didapatkan darimana saja (silahkan baca disini.) Jangan terburu memikirkan hasil akhir tetapi lalui dan nikmati prosesnya agar kita dapat belajar bagaimana tehnik menulis yang benar.

Tentu saja content adalah nomor satu bukan berarti kita sepenuhnya terpojok dengan persoalan dari content ini!!!  Menulis bukan hanya sekedar riset keyword dan akurasi  content saja.  Tetapi juga tentang bagaimana membuat kita merasa nyaman dengan apa yang telah kita tulis. Setidaknya ada sebelas manfaat bagi kita jika melakukan kegiatan menulis ini, seperti yang tersebut dibawah ini :

  1. Menciptakan jembatan komunikasi dengan orang lain ataupun dengan diri kita sendiri
  2. Kebiasaan menulis dapat mengasah kemampuan kita dalam mengelolah tata bahasa menjadi lebih baik
  3. Setidaknya dapat membantu orang lain untuk memecahkan masalah ketika ditemukan tulisan yang membahas tentang persoalan yang sedang dihadapinya
  4. Menulis dapat mengasah daya nalar dan mempertajam ingatan
  5. Melatih konsentrasi
  6. Menulis kreatif akan membawa manfaat yang luar biasa baik bagi diri sendiri maupun orang lain
  7. Kegiatan menulis dapat memperbanyak teman dan sahabat
  8. Menulis adalah sarana aktualisasi diri seseorang
  9. Kemampuan mengelolah tulisan menjadi sebuah prestise dan prestasi
  10. kegiatan menulis mendatangkan kepuasan batin
  11. Menulis bisa menambah wawasan.

Baca Juga

Setidaknya sebelas manfaat diatas bisa kita dapatkan jika melakukan kegiatan menulis. untuk manfaat lainnya bisa dibaca di tulisan mas IG sebelumnya (baca disini.) Berani mencoba untuk membuat tulisan pertama anda ???  sahabat IGpun bisa berkontribusi meramaikan situs ini untuk mengirimkan tulisan-tulisan terbaiknya melalui link ini Mas IG pamit dulu, ingin istirahat. Wassalamu'alaikum.


Incoming Terms InfoGhazi.Net :
  • manfaat menulis bagi kesehatan
  • manfaat menulis bagi siswa
  • manfaat menulis menurut para ahli
  • manfaat menulis pdf
  • manfaat menulis bagi orang lain
  • tujuan menulis cerpen
  • menemukan ide menulis
  • manfaat menulis setiap hari

Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments