INFO GHAZI

Menulis Untuk Kemajuan Negeri


Negeri ini merdeka dikarenakan dua (dua) hal pertama karena membaca dan kedua karena menulis. Kemerdekaan Indonesia bukan hanya karena tentara dan rakyat bersatu mengangkat senjata saja tetapi juga karena pendiri bangsa ini gemar membaca dan menulis yang pada akhirnya memunculkan gagasan-gagasan baru demi kemajuan bangsa.

Assalamu'alaikum sahabat menulis,
Sang proklamator sekaligus presiden pertama Republik Indonesia pernah berkata "Negara ini akan menjadi negara besar ketika rakyatnya gemar membaca dan menulis" Sedangkan Tan Malaka berkata "Negara ini akan maju ketika dibangun dibawah dasar penguatan logika dan serta pemikiran yang ilmiah" Bro and sist, para pendiri bangsa ini berjuang dengan menggunakan berbagai macam cara untuk mencapai kemerdekaan, ada yang berjuang dengan hartanya, ada yang mengangkat senjata, ada yang melalui jalur diplomasi, dll.

Menulis dengan menggunakan media apapun (media sosial atau seperti situs infoghazi.net ini) setidaknya kita sebagai rakyat yang sadar gerakan literasi sudah memberi kontribusi kepada kemajuan bangsa ini. Karena dengan menulis kita dapat memberikan pemikiran dan inspirasi serta aspirasi kita kepada negara tercinta ini. Kegiatan menulis yang dulu sangat digemari, kini sudah terkikis secara perlahan namun pasti oleh kemajuan teknologi. Update status Whatsapp, Facebook, Twitter dan berbagai media sosial lainnya mampu kita lakukan bahkan mungkin setiap menit, setiap jam tidak akan luput dari kegiatan update status. Yang tanpa kita sadari kita sudah melakukan kegiatan menulis walaupun hanya sekedar candaan ataupun kata-kata bijak. Seandainya status yang ditulis di media sosial kita kumpulkan, mungkin sudah menjadi serangkaian tulisan menarik yang bisa membangkitkan semangat menulis.

Menulis bukan hanya menyampaikan selayang pandang kita kepada khalayak umum tetapi memberi wawasan baru yang sifatnya mengikat, artinya dengan menulis apa yang mampu kita tulis, kita telah merangkai ilmu yang kita peroleh dengan kata lain adalah merekam.  Jelas!!! Jika saat ini perubahan teknologi yang begitu pesat secara tidak langsung telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap perubahan nilai-nilai yang ada pada masyarakat kita. Di negeri ini tidak hanya remaja di kota saja, tetapi juga di pdesaan telah terpengaruh dengan kemajuan teknologi ini. Belum lagi maraknya media sosial yang membuai para penggunanya. Pada kalangan remaja seperti pelajar dan mahasiswa teknologi seringkali memberikan dampak negatif dengan luasnya akses yang tidak terbatas untuk mereka akses, terkadang hal ini dimanfaatkan untuk hal yang tidak sepantasnya mereka akses seperti konten dewasa dan lain sebagainya.

Kemajuan teknologi sebenarnya mempunyai banyak dampak positif untuk berbabagai pembangunan, kita banyak dimudahkan dari kemajuan teknologi saat ini, tetapi karena banyak juga yang memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk hal yang negatif sehingga menipisnya budaya literasi secara perlahan-lahan. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi. Saat ini dunia sudah terasa semakin sempit. Seseorang dapat dengan mudah mengakses informasi baik di dalam maupun luar negeri.

Hal tersebut sangat berdampak pada menurunnya tingkat tingkat kemauan seseorang untuk menuliskan setiap pemikiran dan hasil kerjanya dalam sebuah tulisan yang entah dalam bentuk elektronik ataupun dalam bentuk tertulis dalam kertas.  Saat ini sangat telihat dimanapun kita berada kalangan pemuda masa kini telah banyak disibukkan dengan  deretan aktivitasnya dalam dunia maya. Padahal merekalah calon penerus dari orang-orang hebat yang telah mengawali penemuan-penemuan teknologi yang canggih.

Literasi terlihat mulai menghilang, dan akan terus menghilang jika sebagai generasi penerus tidak peduli lagi dengan budaya ini. Tidak bisa dipungkiri anak muda terlalu malas untuk mengkaji dan menuliskannya kembali menurut hasil kajian yang baru. Dampaknya adalah tidak ada lagi kelanjutan dari kajian yang akan dipelajari, semua buku perlahan punah karena tak terhiraukan untuk saat ini masih ada yang peduli- karena budaya literasi mulai memudar saat ini. Tidak bisa disangkal, jika teknologi akan terus bekembang. Hal tersebut membawa pengaruh terhadap kehidupan manusia yang semakin modern akan menjadi lebih praktis. Kemajuan teknologi juga membawa dampak pada budaya literasi khusunya di kalangan mahasiswa baik dari segi positif maupun segi negatif. Dampak yang ditimbulkan bergantung pada individulisme masing-masing dalam memanfaatkan teknologi yang semakin canggih ini.

Tanamkan pada diri kita, Bahwa menulis bukanlah hal yang menjenuhkan, hanya saja dibutuhkan kesabaran untuk menyelesaikannya. Ketika seseorang sedang menulis sebuah karya ilmiah, maka dia memerlukan sumber-sumber yang terpercaya guna mendukung tulisannya. Sumber tersebut dapat diperoleh dengan membaca beberapa referensi yang juga dapat diakses dengan mudah melalui internet. Jika dimanfaatkan dengan baik teknologi juga membawa pengaruh positif terhadap budaya literasi

.

Baca Juga

Kesimpulannya adalah dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin bebas dan perkembangan yang pesat ini  maka kita dapat memanfaatkannya sebagai sarana untuk menggali informasi (membaca) sebagai referensi untuk menuliskan apa yang menjadi buah pemikiran kita. Jika kita tidak dapat berjuang dengan menggunakan senjata, kita belum mampu berjuang dengan menggunakan harta dan kitapun tidak mampu berjuang melalui jalur diplomasi maka MENULIS adalah cara satu-satunya yang dapat kita lakukan untuk kemajuan negeri ini.[*]


Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments