INFO GHAZI

Jika Matahari Menghilang ?!?!


Empat hari yang lalu mas IG dapat SMS dari seseorang yang isinya tentang pertanyaan cukup berat (bisa dibaca dibawah) (maklum sebulan ini WA mas IG terblokir). Jadi mohon maaf jika ada wa yang belum terbalas. Tapi sekarang sudah bisa online lagi dan semoga tidak terblokir lagi 😁.

Assalamu'alaikum sahabat sains,
Kali ini mas IG ingin memenuhi permintaan "dalam bentuk pertanyaan dari seorang yang tidak mau disebut namanya ;)" Begini pertanyaannya...
Mas IG...?!? Tolong dijawab dengan jelas...  sejelas-jelasnya !!! Apa yang akan terjadi jika matahari menghilang ???  Hhhhmmmmm, pertanyaan yang sama sekali tidak pernah terpikirkan oleh mas IG, hadeuuuhh lagian ini mbak - mbak tanya-nya yang bukan-bukan!!! Tapi baiklah mas IG akan tetap berusaha untuk menjelaskan dengan disiplin ilmu yang mas IG miliki ya mbak.

Bismillahirrahmanirrahim
Mbak yang tidak mau disebutkan namanya begini jawaban mas IG tentang pertanyaan yang sudah mbak limpahkan  😌 kepada mas IG. Terima kasih juga untuk pertanyaan yang cukup berat ini mbak, karena melalui pertanyaan ini, mbak sudah sukses membuat mas IG menguras pikiran. Baiklah kita kembali ke topik. Seperti yang kita ketahui jika matahari adalah bintang yang terdekat dengan bumi. Dan bukan hanya di bumi saja yang mendapatkan sinar dari matahari ini seluruh planet yang masuk didalam galaxy bimasakti juga mendapatkan sinar si matahari ini.  Jadi begini mbak dan semua pembaca setia blog ini :

1. Krisis Waktu
Sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi merupakan partikel kecil yang tertarik oleh gravitasi bumi dan perambatan sinar matahari untuk sampai ke bumi membutuhkan waktu kurang lebih 8 menit dan jika matahari tiba-tiba menghilang seluruh makhluk hidup belum merasakan dampaknya (fisik) kecuali kegelapan. Kita semua tahu jika diluar angkasa sana sangat gelap dan jika matahari menghilang maka hanya kegelapan yang menyelimuti bumi. Kita tidak akan pernah tahu atau membedakan antara siang dan malam. Seperti yang sudah mas IG katakan diatas jika matahari adalah bintang yang terdekat dengan bumi, artinya diluar sana masih banyak bintang yang ukuran dan sinarnya melebihi matahari. Hanya karena jarak bintang itu jauh dari bumi maka terlihat bintang itu kecil dan redup sinarnya dan seakan-akan mataharilah yang sinarnya paling terang di alam semesta ini. Dan jika matahari menghilang, maka siang hari kita dapat melihat bintang-bintang seperti halnya di malam hari. Inilah yang menyebabkan kita tidak bisa membedakan antara siang dan malam. Apabila terjadi seperti ini maka krisis  waktu akan dialami umat manusia.

2. Susah Tidur
Bintang tetap dapat terlihat walaupun matahari menghilang karena bintang memiliki sinar-nya sendiri, tetapi tidak dengan si bulan. Karena bulan mendapatkan cahayanya melalui pantulan sinar matahari yang diteruskan ke bumi. Perlu diketahui jika bulan memiliki cahaya yang dingin (pantulan dari matahari). Sebuah penelitian membuktikan jika cahaya bulan yang dingin itu dapat membuat kita tidur dengan pulas dimalam hari, hal ini dikarenakan adanya peningkatan kadar melatonin dalam tubuh. Jika matahari menghilang maka bulan tidak dapat memantulkan cahayanya ke bumi dan besar kemungkinannya manusia akan susah untuk tidur karena menurunnya kadar melatonin dalam tubuh. Itu sebabnya Allah menempatkan bulan di malam hari, agar manusia beristirahat dan dapat tidur dengan pulas dan berkualitas.

3. Oksigen dan Atmosfir akan Menghilang
Jika matahari menghilang seluruh makhluk hidup akan susah bernafas dan mungkin tidak dapat bernafas....... kok bisa yaaa???  Proses fotosintesis pada tumbuhan membutuhkan sinar matahari dan dalam proses ini, tumbuhan akan menghirup karbondioksida (CO2) dan mengeluarkan oksigen (O2) yang manfaatnya sangat besar bagi makhluk hidup. Selain itu manusia juga akan kehabisan bahan makanan yng sumbernya dari tumbuh-tumbuhan. Jika tidak ada oksigen, atmosfir bumi semakin lama akan semakin menipis dan pada akhirnya akan menghilang. Kita semua tahu jika atmosfir yang diciptakan Allah adalah sebuah tameng raksasa untuk menjaga bumi dari benturan asteroid, meteoroid dan benda angkasa lainnya.

3. Akan Terjadi Kekacauan
Tanpa matahari seluruh perangkat komunikasi akan terganggu. Komunikasi di era digital ini membutuhkan satelit yang mengorbit pada bumi dan jika matahari menghilang maka satelitpun akan mati dan berhenti berfungsi karena bahan bakar satelit adalah sinar matahari. Satelit tidak membutuhkan solar atau bensin apalagi tabung gas sebagai bahan bakar, tetapi satelit diluar angkasa sana menggunakan panel surya untuk menyerap sinar matahari dan dikonversi menjadi energi listrik. Jika satelit berhenti berfungsi maka seluruh kegiatan perekonomian juga akan menjadi keos dan seluruh infrastruktur akan lumpuh. Dapat dipastikan jika saat itu datang maka kekacauan yang akan kita hadapi.

4. Bumi Berada Pada Titik Beku
Jika matahari menghilang maka seluruh permukaan bumi akan membeku. Matahari salah satu fungsinya adalah menjaga suhu di bumi tetap stabil. Jika matahari menghilang maka suhu di bumi akan terus menurun sampai pada titik beku. Seluruh makhluk hidup tidak akan mampu bertahan hidup pada kondisi seperti ini kecuali hewan laut yang hidup pada samudera dalam, karena pada samudera yang dalam ini tidak ada sinar matahari dan walaupun permukaan bumi sudah mencapai titik beku hewan-hewan di perairan dalam ini tetap hidup, ini disebakan di perairan dalam sangat dekat dengan lempeng tektonik yang menjaga suhu air tetap stabil. Tetapi tidaklah bertahan lama karena oksigen yang dibutuhkan hewan samudera dalam ini telah menipis dan terus akan habis.

5. Benturan Antar Planet akan Terjadi. 
Adanya matahari dapat menjaga benda angkasa tetap berada pada garis edarnya karena matahari memiliki daya gravitasi yang sangat kuat untuk menjaga benda-benda angkasa berevolusi. Jika matahari menghilang maka tidak akan adalagi gravitasi matahari dan benda angkasa akan keluar dari orbitnya. Dan benturan antar planet serta benda angkasa lainnya tidak dapat dihindari.

Baca Juga

Mungkin itu yang akan terjadi jika matahari menghilang, tetapi apa yang mas IG tulis disini adalah sebagian kecil dari dampak yang akan terjadi jika matahari menghilang. Dan semoga dapat menjadi jawaban yang jelas.... sejelas-jelasnya ya mbak.


Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments