INFO GHAZI

Tidur Siang, Manfaatnya ???


Berangkat dari HR. Al-Bukhari yang isinya "Dahulunya ’Umar bila melewati kami pada tengah hari atau mendekati tengah hari mengatakan, Bangkitlah kalian! Istirahat sianglah! Yang tertinggal menjadi bagian untuk setan." dan QS.  Ar-Ruum :23 yang berkata "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." Banyak dilakukan penelitian terhadap Hadits dan firman Allah ini oleh para ilmuwan, pakar kesehatan dan Psikolog.

Assalamu'alaikum sahabat anak,
sleep coach dari Annapolis, Maryland, AS dan seorang penulis buku The Sleep Lady Good Night, Sleep Tight: Gentle Proven Solutions to Help Your Child Sleep Well and Wake Up Happy, mengatakan "Akan terekam kembali di otak anak-anak semua hal yang telah dipelajarinya, ketika anak-anak bangun dari tidurnya."

Tahukah abun, terbiasa tidur siang dan tidur malam yang cukup akan memaksimalkan tumbuh kembang anak.  Tubuh anak akan memproduksi hormon tumbuh kembang dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kebiasaan tidur siang dapat meningkatkan konsentrasi. Kebiasaan ini menjadi rutinitas semasa Rasulullah Muhammad SAW.

Agar anak-anak kita terbiasa dengan tidur siang, abun bisa mencoba cara-cara berikut  ini :

  1. Biasakan tidur siang setelah makan siang
  2. Buatlah jadwal tidur siang bagi anak
  3. Biasakan anak untuk tidur sendiri
  4. Katakan!!! Jika setelah tidur siang mereka dapat bermain lagi

1. Biasakan tidur siang setelah makan siang
Seperti halnya orang dewasa anak-anakpun akan mengantuk setelah perut kenyang. ambil kesempatan ini untuk mengajaknya tidur siang, tetapi setelah 10 (sepuluh) menit jarak  dari makan siang dan tidur siang  ya abun. Pastikan juga suasana kamar anak nyaman dan tidak berisik agar anak tidur lebih cepat, misalkan dengan menyalakan AC/ kipas angin, matikan lampu kamar serta matikan televisi.

2. Buatlah jadwal tidur siang bagi anak
Bukan kuantitas tetapi kualitas tidur yang penting!!! Sedapat mungkin jadwalkan waktu untuk tidur siang bagi anak-anak pada jam yang sama tiap harinya. Tubuh anak menjadi lebih stabil karena hormon kortisol yang dilepaskan lebih teratur. Hormon kortisol yang selalu stabil memberinya energi untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Jika anak telah terbiasa dengan tidur siang maka hal ini akan membuatnya sulit tidur dimalam hari. Untuk itulah Rasulullah telah memberikan contoh bagi kita tentang durasi tidur siang. Nabi SAW tidur siang selama 10 sampai 20 menit, berikut ini tabel lengkap tentang durasi tidur siang

DURASI MANFAAT TIDAK ADA MANFAAT
10 - 15 Menit dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan ketajaman otak -
20 Menit dapat meningkatkan reaksi dan performa terhadap tugas yang berhubungan dengan angka -
30 Menit - dapat membuat seseorang mengantuk selama 5 menit pertama setelah bangun kemudian segar selama 90 menit berikutnya
90 Menit - Tidur siang 90 menit tidak memberikan manfaat, justru membuat tubuh lebih lelah dari sebelumnya

Disinilah fungsi dari jadwal, dengan jadwal yang abun atur setiap harinya pada jam yang sama dan dengan durasi yang sudah ditentukan, akan membuat kualitas tidur anak semakin bagus baik dimalam/ siang hari.

3. Biasakan anak untuk tidur sendiri
Jangan memaksa anak untuk tidur siang terlebih lagi dengan memarahinya. Ajaklah anak-anak untuk tidur siang dengan cara yang baik. Karena mereka cenderung akan menolak, pura-pura tidur, dan malah lanjut bermain sendiri di kamarnya ketika abun meninggalkannya. Latih anak untuk bisa tidur sendiri tanpa harus dibujuk. Jika abun rasa anak sudah mulai mengantuk, ajak anak ke tempat tidur dan biarkan mereka hingga tertidur sendiri.

4. Katakan!!! Jika setelah tidur siang mereka dapat bermain lagi
Banyak anak menolak tidur siang karena sedang asyik bermain dan tidak ingin melewatkan waktu bersenang-senangnya. Bagaimanapun juga, anak tetap harus tidur siang karena baik bagi tumbuh kembang mereka. Jika anak sedang bermain bersama teman-temannya, beri pengertian bahwa teman-teman bermainnya pun harus tidur siang. Cobalah jelaskan pada anak bahwa ia bisa bermain lagi setelah tidur siang.

Baca Juga

Beberapa tips dari tidur siang bisa abun lihat dibawah ini :

  1. Tidur siang yang baik hanya dilakukan 10-20 menit. Semakin lama anak-anak  tidur siang, tidak baik pada kesehatan anak-anak.
  2. Waktu tidur siang yang baik adalah tengah hari, atau sekitar jam dua sampai jam dua lewat dua puluh menit. Ini adalah waktu yang ideal karena anak-anak mungkin mengantuk setelah makan siang. Selain itu, tidur siang yang dilakukan pada jam ini cenderung tidak akan menganggu tidur anak-anak di malam hari.
  3. Waktu tidur siang yang baik juga ditentukan sesuai dengan kebutuhan dan jadwal tidur anak-anak.
  4. Tempat tidur siang yang baik adalah di tempat yang tenang dan gelap dengan suhu kamar yang nyaman dan tidak terlalu bising.
  5. Setelah tidur siang, jangan buru-buru bangun dan beraktivitas lagi. Buru-buru bangun bisa membuat anak-anak sakit kepala, uring-uringan, dan tidak enak badan. Berikan jeda beberapa menit sampai anak-anak merasa segar lagi.


Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments