INFO GHAZI

Kemuliaan Perempuan dalam Islam


Esensi dari kata perempuan merupakan gambaran dari perlindungan Allah kepada makhluk yang disebut perempuan ini. Tahukah sahabat IG, jika perempuan ini merupakan karya terhebat dari Allah ??? Jika dibanding pria mungkin perempuan adalah makhluk yang terkuat dan fakta itu tidak bisa dipungkiri.

Assalamu'alaikum sahabat IG,

Allah itu penuh dengan kasih - sayang dan Allah juga menyukai keindahan karena Allah itu indah. Al Qur'an telah menjelaskan secara gamblang tentang sosok perempuan ini, Apa kewajiban seorang perempuan, bagaimana Islam menghargai perempuan dan cara Allah melindungi perempuan. Jika masih ada yang berkata perempuan didalam Islam kuno dan ketinggalan zaman hanya karena dia (perempuan) berhijab, mungkin patut untuk dipertanyakan tentang tingkat pemahaman dari esensi perempuan terhadap mereka yang bertanya. Sebelum melanjutkan pembahasan, coba pikirkan hal ini !!! Mengapa Negara kita disebut dengan Ibu Pertiwi dan bukannya bapak/ ayah pertiwi, ibu kota bukannya bapak/ ayah kota, nenek moyang dan bukannya kakek moyang??? Sebelum adanya gaung tentang persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, Islam telah mengumandangkan hal itu.

Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf. Akan tetapi laki-laki, mempunyai satu tingkatan kelebihan dari pada istrinya. Dan Allah maha perkasa lagi maha bijaksana” (QS. Al-Baqarah : 228)

Kewajiban seorang perempuan Untuk berhijab

Aturan dibuat dengan tujuan untuk memberikan kebaikan bagi mereka yang mentaati peraturan. Begitupun dengan Islam, aturan yang telah ditetapkan oleh Allah dan rasul-Nya ini pada hakikatnya untuk menjaga perempuan dari semua hal yang merugikannya (perempuan). Sukses seorang laki-laki kembali pada doa dari seorang perempuan, kokohnya suatu negara tergantung pada kehormatan perempuan-perempuannya. Kemajuan negeri inipun terdapat pada akhlaq perempuan yang notabennya sebagai madrasah pertama di rumah.

Untuk itu aturan pertama yang ditetapkan dalam Islam adalah hijab. Karena dengan berhijab mereka telah melindungi dirinya dari segala bentuk yang dapat merusak tubuh dan kehormatannya. Dengan berhijab maka dapat mencegah penyakit yang mematikan (kanker kulit) dengan berhijab pula mereka dapat menjaga kemuliaannya, perhatikan dialog dibawah ini, yang IG sadur dari group WhatsApp :

Lelaki Inggris bertanya: “Kenapa dalam Islam perempuan tidak boleh berjabat tangan dengan laki-laki?”

Syeikh menjawab: “Bisakah kamu berjabat tangan dengan ratu Elizabeth?

Lelaki Inggris menjawab: “Oh tentu tidak bisa! Cuma orang-orang tertentu saja yang bisa berjabat tangan dengan ratu.

Syeikh tersenyum & berkata: “Perempuan-perempuan kami (Kaum muslimin) adalah para ratu, & ratu tidak boleh berjabat tangan dengan pria sembarangan (yang bukan mahramnya).

Lalu si Inggris bertanya lagi, “Kenapa perempuan Islam menutupi tubuh dan rambut mereka?

”:: Syekh tersenyum dan punya 2 (dua)  kembang gula (permen), ia membuka yang pertama terus yang satu lagi tertutup. Dia melemparkan keduanya ke lantai yang kotor::

Syeikh bertanya: “Jika saya meminta Anda untuk mengambil satu permen, mana yang Anda pilih?

Si Inggris menjawab: “Yang tertutup…

Syeikh berkata: “Itulah cara kami memperlakukan dan melihat perempuan kami.

Setidaknya penggalan dialog diatas telah menggambarkan kemuliaan seorang perempuan didalam Islam. “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.“ (QS: Al-Ahzab: 59)

Secara redaksional ayat tersebut diatas ditujukan kepada Nabi  SAW, tetapi esensinya ayat tersebut ditujukan bagi seluruh perempuan-perempuan yang beriman. Yang perlu dipahami dari ayat diatas adalah perintah menggunakan hijab ini bukannya untuk membatasi gerak perempuan seperti pemikiran kaum liberal, tetapi perintah/ aturan tersebut hadir hanya untuk mengangkat derajat dan menjaga kehormatan serta melindungi perempuan.

Dalam ilmu psikologis, hijab juga akan memberikan self control yang baik. Jadi perempuan lebih terpelihara ucapan dan perilakunya, sehingga terhindar dari keburukan akhlak. Oleh karena itu, secara otomatis jika para pengguna hijab mengerti hakikat dasar dari hijab, tentu mereka akan sangat disegani dan dihormati oleh siapapun juga.

Keistimewaan perempuan didalam Islam

  • Seorang perempuan sholihah lebih baik dari seribu laki-laki sholih, begitu mulianya sosok perempuan didalam Islam sehingga akhlaq yang mulia darinya sebanding seribu laki-laki sholih dan seorang perempuan sholihah lebiah baik dari tujuh puluh wali Allah. 
  • Doa perempuan sholihah lebih cepat terkabul, 
  • Haidnya merupakan tebusan (kifarah) atas dosa-dosanya yang lalu. 
  • Mengutamakan seorang ibu dari ayah adalah hal yang mutlak dalam Islam, 
  • Perempuan yang mengandung akan mendapatkan seribu kebaikan dan dihapus seribu kejahatan darinya serta para malaikat akan beristighfar untuknya,
  • Perempuan yang melahirkan mendapatkan ganjaran yang setara dengan tujuh puluh tahun shalat dan puasa, jika meninggal saat melahirkan maka dihitung sebagai syahid, dan masih banyak lagi keistimewaan perempuan yang tidak dapat IG sebutkan.

Baca Juga

Islam memandang perempuan sebagai makhluk yang unggul dan memiliki banyak keistimewaan, Islam menjaga kehormatan dan kemuliaan perempuan. Al Quran telah mengabarkan kepada kita semua tentang kedudukan perempuan beserta segala hak emansipasinya dan aturan yang dibuat untuk melindunginya. Sungguh kita tidak dapat menghitung banyaknya keistimewan sosok perempuan yang diberikan oleh Allah dan Rasul-Nya kepada perempuan. Tetapi kita dapat merasakan manfaatnya dari segala keistimewaan dan aturan yang telah dibuat bagi perempuan.

Jangan pernah takut untuk berkata "Aku perempuan dan aku bangga menjadi perempuan dan aku yakin jika Allah menjaga harkat dan martabatku sebagai seorang perempuan. Akupun bangga menjadi  perempuan muslimah."


Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments