INFO GHAZI

Aku Ingin dengar Dongeng


Pada zaman dahulu  kala hiduplah seorang raja di tanah pasundan, sang raja terkenal dengan kebaikan hatinya dan selalu menjadi panutan bagi rakyatnya, sang raja yang baik ini dikenal dengan nama Prabu Siliwangi dan memiliki putra yang bernama Raden Kian Santang... ... ...dan seterusnya. Ingatkah abun (ayah bunda) dongeng seperti itu semasa kita kecil dulu ?

Assalamualaikum sahabat anak,
Dongeng, bagian yang tidak terpisahkan dari masa kecil kita, mungkin karena disaat kecil itulah kita sering mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orang tua kita sebelum tidur.  Apakabar anak-anak zaman now ? Apakah abun juga masih memberikan cerita penghantar tidur ini pada buah hatinya ? Dongeng merupakan cerita rakyat yang ada /beredar di masyarakat dan didalamnya terdapat pesan-pesan moral yang baik bagi anak-anak kita, bahkan dari dongeng inilah terkadang seorang anak berimajinasi menjadi seperti sosok yang ada didalam alur cerita.

Jika melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini ditambah dengan hadirnya media sosial seperti YouTube, Instagram, Twitter, Facebook dan media sosial lainnya membuat anak-anak kita lupa akan segalanya, bahkan mereka lebih memilih berlama-lama dengan gadget.

Dongeng yang kita berikan pada anak menjelang tidur banyak sekali membawa manfaat yang tanpa kita sadari hal itu akan mempengaruhi karakter dan imajinasi si anak. Jadi abun, kali ini mas IG akan berbagi beberapa manfaat dongeng bagi anak-anak yaa, dibaca sampai habis dan jangan ada yang terlewatkan yaa abun.

  • Mengembangkan kecerdasan bahasa
Anak-anak akan belajar mengenal dan memahami banyak sekali kosakata serta kalimat-kalimat baru yang dirangkai dalam satu alur cerita. Ini sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan komunikasi anak-anak dengan orang lain.

  • Mengasah ketajaman memori
Anak-anak adalah peniru dan pengingat yang handal, dengan memberikan dongeng pada anak sebelum mereka tidur akan melatih mereka untuk mengingat karakter, alur cerita, dan tokoh yang ada didalam dongeng tersebut.

  • Melatih konsentrasi
Anak-anak dengan sendirinya akan mendengarkan cerita yang kita sampaikan pada mereka. Hal ini dapat membantu melatih konsentrasi.

  • Membuka wawasan baru 
Dengan dongeng yang kita berikan kepada anak akan memberikan pengetahuan baru tentang budaya dan pemikiran yang baru. Hal ini bertujuan untuk melatih anak agar nantinya mereka dapat menjadi manusia yang open minded (pikiran terbuka). Dan ini sangat baik disaat masa-masa tumbuh kembang anak. Tidak lupa juga abun, dongeng juga dapat memberi stimulasi pada anak-anak agar gemar membaca dan menulis.

  • Mendukung imajinasi
Seperti yang mas IG tuliskan diatas jika dongeng dapat melatih anak untuk lebih imajinatif dan melatih kreatifitas mereka dalam segala hal merekapun dapat mengekspresikan diri sebagaimana figur yang ada didalam dongeng. Ini sebagai bentuk dari pengembangan kecerdasan visual spasial.

  • Mengajarkan kecerdasan sosial dan emosional

Kecerdasan interpersonal dan intrapersonal  anak-anak akan terlatih dengan dongeng karena adanya alur cerita yang memiliki pesan-pesan moral, hal ini juga melatih anak-anak bagaimana seharusnya bersikap ketika menghadapi suatu persoalan serta bagaimana seharusnya dia berperilaku kepada orang lain. Disamping itu dongeng juga mampu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anak.

  • Menjaga ikatan
Kualitas kedekatan anatara orangtua dengan anak-anak adalah nomor satu, dongeng yang kita berikan kepada mereka merupakan satu diantara seribu cara yang baik untuk diterapkan.

Dongeng juga berfungsi sebagai sarana bagi anak. Sebab dengan mendengar dongeng, fantasi dan daya cipta anak akan mengikuti alur cerita dalam dongeng. Saat itulah biasanya unsur pendidikan dan pembinaan moral dapat diselipkan dalam benak anak-anak.

Tidak ada batasan usia untuk membacakan dongeng pada anak-anak, tetapi orang tua haruslah memahami kondisi psikologi anak sesuai dengan usia anak dalam memberikan dongeng hingga nilai-nilai yang ada didalam dongeng tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Usia pra sekolah, pada usia ini abun dapat memilih dongeng yang sifatnya dapat mengembangkan kosakata, misalkan dongeng tentang flora, fauna atau tentang alam.

Baca Juga

Bagi anak-anak yang sudah memasuki sekolah dasar (SD) abun dapat memberikan dongeng yang didalamnya terdapat pesan-pesan moral serta keteladanan yang dapat diterapkan anak-anak dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu abun ayuukk!!! Kita galakkan kembali tradisi orangtua dulu dengan memberikan dongeng pada anak sebelum mereka tidur. Dongeng itu mudah dengan biaya murah tetapi memiliki manfaat yang besar bagi tumbuh kembang anak. Jadi mulai hari ini abun yang ganteng dan cantik luangkan sedikit waktu untuk memberikan dongeng pada buah hati tercinta yaa.


Attention, please: All advertisements on this site are entirely from the service of the ad provider, if there are advertisements that are not polite or not pleasing to be displayed then it is beyond our control, Please be treated wisely. Please Read Privacy Policy

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments